Selasa, 10 Desember 2013

CRUD on Visual Basic 6.0

CRUD ( Create, Read, Uptade, Delete)


Di postingan ini saya akan membagikan sedikit materi tentang CRUD  yang saya dapat dari asisten dosen pemrograman visual saya waktu praktikum hihihi. 
CRUD sendiri adalah singkatan dari Create, Read, Update, Delete. Setiap aplikasi biasanya memiliki fungsi CRUD di dalamnya. Fungsi ini digunakan untuk menyimpan/menambahkan data, kemudian mengedit data dan menghapusnya  data.
Untuk lebih jelasnya, saya akan menjelaskan sedikit program CRUD yang saya buat pada visual basic 6.0 dan difsilitasi dengan microsoft access

1. Siapkan microsoft access nya untuk kita membuat table database dengan nama 'mhs'.




Dalam table mhs tersebut, kita bisa masukkan field Nama dan NIMki.  Tabel mhs tersebut  adalah tabel yang memungkinkan kita bisa menambahkan data, mengupdate data, dan bisa menghapus data yang sudah ada. Setalah databasenya dibuat kita langsung membuat programnya pada Visual Basic 6.0.
2. Membuat tampilan form seperti contoh di bawah ini :


tata letak objek bisa menyesuaikan dengan keinginan anda, readers :)

3. Setelah selesai membuat tampilan formnya, kita buat MODULE. module ini berfungsi untuk menyimpan prosedure, fungsi dan atau variable-variable yang digunakan secara global oleh program yang akan dibuat, sehingga kita tidak perlu membuat fungsi, prosedure dan atau variable-variable tersebut secara berulang-ulang. Caranya yaitu klik kanan pada project explorer, Add, pilih module. Atau bisa juga dengan memilih menu project yang ada pada menu bar lalu pilih Add module.


4. Setelah menambahkan module pada project kita, tambahkan juga data environment pada project  dengan cara klik kanan pada project, Add Data environtment
Data environmet adalah penghubung antara database dengan data report. Karena tanpa data environment, database tidak dapat ditampilkan pada saat menjalankan dan melihat isi dari data report.

5. Pada module, kita berika script seperti dibawah ini :

 

6. Script untuk variabe global dan untuk memanggil koneksi dimana database disimpan seperti di bawah ini :



7. Script untuk tiap objek dalam form yang kita buat :

A. Form Load :


B. Command1 (ADD button) :


C. Command2 (Clear button) :


D. Command3 (Exit button) :


E. Command4 (Update button) :


F. Command5 (Delete button) :


G. DataGrid :



Sekian materi CRUD yang bisa saya jelaskan, moon maaf jika ada penjelasan yang keliru atau mungkin snipping dari script yang kurang jelas hehehe
untuk program dan script lengkapnya bisa di download langsung di CRUD ON VISUAL BASIC 6.0

2 komentar: