Selasa, 25 Februari 2014

NETBEANS INSTALLATION & JSP

INSTALLASI NETBEANS


Setelah seru-seruan dengan Oracle,sekarang kita masuk ke instalasi Netbeans . Netbeans adalah sebuah Integrated Development Environment bagi programmer yang ingin mengembangkan aplikasi Java didalam J2SE, J2ME, atau J2EE. Selain itu didalam Netbeans pun terdapat beberapa bahasa pendukung seperti Jython, Ruby, C/C++ dan PHP.

1. Pastikan Anda sudah mempunyai installer Netbeans.Jika sudah punya klik dua kali installer




2. Tunggu beberapa saat hingga muncul Prompt disamping. Disana Anda akan diinstallkan beberapa Aplikasi yang sudah terintegrasi di dalam Netbeans. Karena kita akan menggunakan Netbeans untuk membuat JSP danServlet.Kita tekan dulu tombol Customize.



3. Jika Anda sudah menekan tombol Customize maka akan tampil prompt yang menampilkan bahwa disana Anda bisa menentukan aplikasi apa saja yang akan diinstall. Tapi untuk keperluan kali ini yaitu membuat JSP dan Servlet. Anda harus mencheck checkbox Apache Tomcat.

ApacheTomcat adalah salah satu aplikasi server yang digunakan untuk me-run JSP dan Servlet yang kita buat. Glass Fish pun termasuk server untuk JSP dan Servlet. Tapi kita akan gunakan Apache Tomcat saja. Jika sudah dichecklist .Tekan OK.


4. Maka semua aplikasi yang Anda pilih akan muncul diprompt berikut. Klik Next



5. Lalu muncul Term of Agreement dari Netbeans. Pilih saja I Accept The Terms License Agreement. Kemudian tekan tombol Next.



6. Berikutnya Anda akan menentukan lokasi instalasi Netbeans dan mencari tempat instalasi Java Development Kit yang Anda miliki. Pastikan Anda sudah mempunyai Java Development Kit yang sudah terinstall.



7. Selanjutnya Anda akan menentukan lokasi instalasi untuk Glass Fish dan Apache Tomcat. Setelah Anda menentukan lokasi instalasi kedua aplikasi tersebut tekan tombol Install.


Tunggu sampai proses instalasi selesai sehingga Netbeans dapat digunakan :)



MEMBUAT JSP SEDERHANA

Setelah Anda berhasil menginstal Netbeans di PC atau Laptop Anda. Sekarang kita tinggal mencoba membuat sebuah halaman JSPdi Netbeans.

a. Pertama, buka Netbeans yang sudah terinstall di PC atau Laptop Anda.
b. Kemudian pilih File --> NewProject. Maka akan tampil prompt seperti berikut :



Disana terdapat banyak pilihan untuk membuat aplikasi yang anda inginkan .Untuk latihan ini kita pilih Java Web untuk membuat JSP dan Servlet. 
Pilih JavaWeb --> WebApplication. Kemudian tekan tombol Next.

c. Kemudian akan muncul prompt seperti berikut :




Pada prompt diatas Anda bias menentukan nama project, lokasi project dan folder project. Sekarang kita ubah nama projectnya menjadi rifkanyobaan. Kemudian klik tombol Next.
Lalu akan muncul prompt seperti  di bawah ini :


Disini Anda harus menentukan server apa yang akan dipakai untuk pembuatan aplikasi web
Anda. Untuk kali ini gunakan Apache Tomcat. Kemudian tekan tombol Next. 

d. Berikutnya akan muncul prompt seperti berikut :


Disini kita bias menentukan frame work apa yang akan dipakai. Tapi untuk latihankali ini kita tidak akan memakainya. Jadi klik Finish saja.

e. Jika selesai menentukan project. Secara default Netbeans akan menampilkan halaman index.jsp dari project yang kita buat seperti berikut :


Halaman tersebut berisi sintak HTML dan JSP. Untuk menguji cobanya tekan tombol berbentuk tombol Play atau tekan F6.

f. Saat tombol Play ditekan, Netbeans akan melakukan beberapa task yang tidak ditampilkan seperti mengaktifkan Apache Tomcat, mengcompile file jsp, menginstall aplikasi web Anda di Apache Tomcat dan beberapa task lainnya.Tapi dengan memakai Netbeans kita langsung disuguhkan browser dengan hasil seperti ini :





g. Selanjut nya tambah kan sintaks berikut dibawah kata‘HelloWord’


Sintaks tersebut akan menampilkan looping sederhana i.

Setelah dieksekusi, maka hasilnya adalah :















Tidak ada komentar:

Posting Komentar